Kerja tim yang baik tentunya akan mengarah ke hasil yang bagus pula. Namun, bagaimanakah metode meraih performa yang optimal sebagai tim? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tsb. Tim yang kompak dan punya vision yang sama tentunya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil optimal. Bagaimana metodenya membangun
engagement dalam tim?
Job2Go bakal kasih sejumlah rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang banyak kali diabaikan. Coba deh buka ruang komunikasi yang luas antar anggota team. Manfaatkan semua jalur komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Pastikan semua anggota team bisa menyampaikan pendapatnya hingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan serta tanyakan apabila ada ancaman yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tidak berarti semua mesti bisa menyampaikan pendapatnya, namun ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” bilang kalau jumlah penghargaan yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim kamu yang mempunyai performa oke. Penghargaan kecil itu efeknya bisa jadi sangat besar serta bikin anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar berimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang bagus dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu bila ada prestasi team yang membanggakan, tidak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangWirausahawan Martin Zwilling dalam artikelnya yang dimuat di
Forbes menyebut situasi area kerja punya peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota tim tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang dapat dilakukan demi membuat anggota team lebih senang, misalnya buat ritme kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat mempunyai waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga untuk tidak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Supaya mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang sebab tak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyenangi kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan situasi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " Tiga Triks Membangun Keterikatan Psikologis dalam Team yang Efektif "
Posting Komentar