Kerja team yang bagus tentunya akan mengarah ke hasil yang efisien pula. Akan tetapi, bagaimanakah metode meraih performa yang optimal sebagai team? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tsb. Tim yang kompak dan punya visi yang sama tentunya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil maksimal. Bagaimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan kasih beberapa rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang banyak kali diabaikan. Coba buka ruang komunikasi yang luas antar anggota tim. Manfaatkan semua jalur komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertatap muka langsung. Pastikan semua anggota team dapat menyampaikan opininya sehingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan serta tanyakan apabila ada kesulitan yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tak berarti semua wajib bisa menyampaikan pendapatnya, tetapi ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” bilang kalau frekuensi penghargaan yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim kamu yang punya kinerja bagus. Apresiasi kecil itu dampaknya bisa jadi sangat besar serta membuat anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya seimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang baik dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu jika ada prestasi tim yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim BerbahagiaWirausahawan Martin Zwilling dalam artikelnya yang diterbitkan di
Forbes menyebut situasi lingkungan kerja punya peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota team tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan demi membuat anggota tim lebih senang, contohnya buat ritme kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat memiliki waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga untuk tidak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Agar mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia karena tak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyukai situasi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan suasana kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " Tiga Triks Tingkatkan Keterikatan Psikologis dalam Tim yang Efektif "
Posting Komentar