Labels

Memahami 2 Jenis Stress serta Tiga Metode Mengatasinya

Memahami 2 Jenis Stress serta Tiga Metode Mengatasinya - Hallo sahabat Lowongan Kerja Indonesia , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Memahami 2 Jenis Stress serta Tiga Metode Mengatasinya , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pekerjaan , Artikel Stress , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Memahami 2 Jenis Stress serta Tiga Metode Mengatasinya
link : Memahami 2 Jenis Stress serta Tiga Metode Mengatasinya

Baca juga


Memahami 2 Jenis Stress serta Tiga Metode Mengatasinya






















“Stres” mungkin ini ialah kalimat yang sangat menempel pada hidup sehari-hari. Hal ini memang benar adanya, karena sebagai manusia sosial, setiap harinya hampir selalu dihadapkan dengan berbagai hal yang memancing stres. Mulai dari lingkungan terkecil seperti keluarga, pekerjaan, hingga masyarakat secara luas bisa menjadi pemicu stres.

{NamunTapi kamu tahu tak jika stres itu sebetulnya tidak selalu buruk, loh. Supaya lebih tahu soal seluk-beluk stres kita bahas bareng yuk! Dilansir dari tulisan Psikodemia.com stres ini terbagi ke dalam dua macam, Eustress dan Distress. Keduanya memiliki karakteristik yang sangat berbeda, ini dia penjelasannya.

Eustress 

Ini adalah jenis stres yang membawa dampak positif buat diri manusia. Bersifat sehat serta juga membangun diri kita buat menjadi lebih baik. Biasanya stres tipe ini selalu dihubungkan dengan kemampuan manusia buat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan juga peningkatan kinerja yang baik. Contohnya nih anda di area kerja dikasih tugas sama atasan, namun sebenarnya kamu nggak mengerti bagaimana metode menyelesaikannya. Akhirnya kalian jadi stres, tapi rasa stres ini memancing anda untuk mencari tahu dengan berbagai cara buat menyelesaikan tugas tersebut. Mulai dari tanya ke kolega kerja senior, cari informasi di internet, sampai mempelajari sendiri dari tulisan atau bahan bacaan lain. Stres ini justru jadi memancing kamu untuk berpikir dan berkembang. Akhirnya tugas dari bos pun dapat terselesaikan dengan baik.

Distress

Stres jenis ini ialah berlawanan dari eustress. Di mana stres justru membuat dampak buruk bagi manusia. Bersifat tidak sehat serta negatif. Hal ini ditandai dengan stres berlebihan yang telah mulai mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan bila terus dibiarkan dan tak ditangani dengan baik bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan, contohnya insomnia atau sulit tidur, asam lambung, dan mual. Kamu wajib dapat mengidentifikasi dan mengenali jika stres telah berlebihan dan terasa mengganggu. Jika diperlukan kamu bisa meminta pertolongan konsultasi dari ahli seperti psikolog atau dokter spesialis kejiwaan. Sehingga kondisi bisa cepat ditangani dan nggak semakin parah.

Nah, sebetulnya ada beragam metode yang dapat dilakukan buat menghindari stres berlebihan. Salah satunya adalah dengan manajemen stres. Mengutip pakar Chrisendy Hakim dari tulisan HelloSehat ini dia triks yang dapat anda lakukan

Kenali diri dan cari tau penyebabnya

Sebagai langkah pertama, anda harus mencari tahu pemicu datangnya stres. Apa kira-kira hal yang mengganggu pikiran dan menjadikan kalian tidak fokus dan contohnya menjadi sulit tidur. Setelah tahu apa penyebabnya pelan-pelan perlahan-lahan berupaya mencari jalan keluar dengan mengontrol emosi, berfikir positif, dan memberi motivasi kepada diri sendiri.

Lingkungan positif

Tau tak sih, situasi stres itu bisa menular loh. Makanya penting buat kamu berada di sekeliling orang-orang yang berpikiran positif. Apalagi bila kalian sedang stres berat lebih baik jauh-jauh dulu deh sama lingkungan yang buruk dan membawa efek negatif. Perbanyak berkumpul atau berdiskusi dengan lingkungan yang positif. Lama kelamaan kamu pasti akan tertular dengan pemikiran-pemikiran yang positif, akhirnya beban stres pun perlahan-lahan menghilang.

Terapi relaksasi

Bernafas! Itu adalah kunci utama. Ketika tiba-tiba dihadapkan dengan persoalan berat yang menyebabkan hati jadi cemas berlebihan, takut, dan panik cobalah tetap tenang dengan mengatur nafas. Caranya mudah banget namun sangat efektif. Coba cara 4-4-4 deh. Jadi, tarik nafas dalam 4 hitungan, tahan selama empat detik, kemudian hembuskan nafas dalam hitungan 4 detik. Badan jadi rileks, pikiran pun akan jauh lebih tenang.

Olahraga

Mungkin kedengaran klise, namun percaya deh olahraga itu sangat bagus untuk merileksasi pikiran. Dengan berolahraga tubuh jadi lebih segar, suasana hati menjadi baik, dan produktivitas pun meningkat. Waktu berolahraga badan kita mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini menciptakan perasaan senang, tenang, serta bahagia.






Demikianlah Artikel Memahami 2 Jenis Stress serta Tiga Metode Mengatasinya

Sekianlah artikel Memahami 2 Jenis Stress serta Tiga Metode Mengatasinya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Memahami 2 Jenis Stress serta Tiga Metode Mengatasinya dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/12/memahami-2-jenis-stress-serta-tiga.html

0 Response to " Memahami 2 Jenis Stress serta Tiga Metode Mengatasinya "

Posting Komentar