Labels

Mengenali 2 Tipe Stress dan Tiga Strategi Mengatasinya

Mengenali 2 Tipe Stress dan Tiga Strategi Mengatasinya - Hallo sahabat Lowongan Kerja Indonesia , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenali 2 Tipe Stress dan Tiga Strategi Mengatasinya , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pekerjaan , Artikel Stress , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenali 2 Tipe Stress dan Tiga Strategi Mengatasinya
link : Mengenali 2 Tipe Stress dan Tiga Strategi Mengatasinya

Baca juga


Mengenali 2 Tipe Stress dan Tiga Strategi Mengatasinya






















“Stres” mungkin ini ialah kata yang cukup menempel pada kehidupan setiap hari. Hal ini memang benar adanya, sebab sebagai manusia sosial, setiap harinya hampir selalu dihadapkan dengan berbagai hal yang memancing stres. Mulai dari lingkungan terkecil seperti keluarga, pekerjaan, sampai masyarakat secara luas dapat menjadi pemicu stres.

{NamunTetapi kamu tahu tak jika stres ini sebetulnya tak selalu buruk, loh. Agar lebih tahu soal seluk-beluk stres kita pelajari sama-sama yuk! Dilansir dari tulisan Psikodemia.com stres itu terbagi ke dalam 2 tipe, Eustress dan Distress. Keduanya memiliki karakteristik yang sangat berbeda, ini dia penjelasannya.

Eustress 

Ini adalah tipe stres yang membawa efek positif buat diri manusia. Bersifat sehat dan juga membangun diri kita untuk menjadi lebih baik. Biasanya stres tipe ini sering dihubungkan dengan kemampuan manusia untuk beradaptasi dengan lingkungan dan juga peningkatan kinerja yang baik. Misalnya nih kamu di lingkungan bekerja dikasih tugas sama bos, namun sebenarnya kamu nggak paham bagaimana metode menyelesaikannya. Akhirnya kalian jadi stres, tapi rasa stres ini memancing anda buat mencari tau dengan berbagai cara buat menyelesaikan tugas tersebut. Mulai dari tanya ke teman kerja senior, cari data di internet, hingga mempelajari sendiri dari buku atau bahan bacaan lain. Stres ini justru jadi memancing kamu buat berpikir dan berkembang. Akhirnya tugas dari boss pun dapat terselesaikan dengan baik.

Distress

Stres tipe ini ialah kebalikan dari eustress. Di mana stres justru menyebabkan efek je;ek buat manusia. Bersifat tak sehat serta negatif. Hal ini ditandai dengan stres berlebihan yang sudah mulai mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan bila terus dibiarkan dan tidak dikelola dengan baik bisa menimbulkan gangguan pada kesehatan, contohnya insomnia atau sulit tidur, asam lambung, dan mual. Kamu mesti bisa mengidentifikasi dan mengenali jika stres telah berlebihan dan terasa mengganggu. Jika diperlukan anda dapat meminta bantuan masukan dari ahli seperti psikolog atau dokter spesialis kejiwaan. Sehingga kondisi bisa cepat ditangani dan tidak semakin parah.

Nah, sebetulnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan buat menghindari stres berlebihan. Salah satunya ialah dengan manajemen stres. Mengutip Dokter Chrisendy Hakim dari tulisan HelloSehat ini dia tips yang bisa kalian lakukan

Kenali diri dan cari tau penyebabnya

Sebagai langkah awal, kalian wajib mencari tau pemicu datangnya stres. Apa kira-kira hal yang mengganggu pikiran dan membuat kamu tak fokus dan misalnya menjadi sulit tidur. Setelah tau apa penyebabnya pelan-pelan perlahan-lahan berupaya mencari jalan keluar dengan mengelola emosi, berfikir positif, dan memberi motivasi pada diri sendiri.

Lingkungan positif

Tau tidak sih, kondisi stres itu dapat menular loh. Makanya penting banget untuk anda berada di sekeliling orang-orang yang berpikiran positif. Apalagi ketika anda lagi stres berat mendingan jauh-jauh dulu deh sama lingkungan yang buruk dan membawa dampak negatif. Perbanyak berkumpul atau berdiskusi dengan lingkungan yang positif. Lama kelamaan kalian pasti akan tertular dengan pemikiran-pemikiran yang positif, akhirnya beban stres pun perlahan-lahan menghilang.

Terapi relaksasi

Bernafas! Itu adalah kunci utama. Ketika tiba-tiba dihadapkan dengan persoalan berat yang menyebabkan hati jadi cemas berlebihan, takut, dan panik cobalah tetap tenang dengan mengatur nafas. Caranya gampang banget tapi sangat efektif. Coba metode 4-4-4 deh. Jadi, tarik nafas dalam empat hitungan, tahan selama empat detik, selanjutnya hembuskan nafas dalam hitungan 4 detik. Tubuh menjadi rileks, pikiran pun akan jauh lebih tenang.

Olahraga

Mungkin kedengaran klise, namun percaya deh olahraga itu sangat bagus buat merileksasi pikiran. Dengan berolahraga badan jadi lebih segar, suasana hati menjadi baik, dan produktivitas pun meningkat. Saat berolahraga tubuh kita mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini menciptakan perasaan senang, tenang, serta bahagia.






Demikianlah Artikel Mengenali 2 Tipe Stress dan Tiga Strategi Mengatasinya

Sekianlah artikel Mengenali 2 Tipe Stress dan Tiga Strategi Mengatasinya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengenali 2 Tipe Stress dan Tiga Strategi Mengatasinya dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/12/mengenali-2-tipe-stress-dan-tiga.html

0 Response to " Mengenali 2 Tipe Stress dan Tiga Strategi Mengatasinya "

Posting Komentar