Kerja tim yang bagus tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Namun, bagaimanakah cara meraih kinerja yang maksimal sebagai team? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tsb. Tim yang kompak dan punya visi yang serupa pastinya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil maksimal. Gimana metodenya membangun
engagement dalam tim?
Job2Go bakal beri sejumlah rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang sering banget diabaikan. Coba deh buka ruang komunikasi yang luas antar anggota tim. Gunakan semua jalur komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Pastikan semua anggota tim bisa menyampaikan opininya sehingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan dan tanyakan apabila ada ancaman yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tak berarti semua wajib sanggup menyampaikan opininya, namun ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” mengatakan kalau frekuensi apreasiasi yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim anda yang memiliki kinerja oke. Penghargaan kecil itu impactnya dapat jadi sangat besar dan bikin anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar berimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang bagus dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu bila ada prestasi team yang membanggakan, gak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim BerbahagiaWirausahawan Martin Zwilling dalam tulisannya yang dimuat di
Forbes menyebut kondisi lingkungan kerja punya peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota team tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan demi membuat anggota team lebih senang, misalnya buat irama kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat memiliki waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga buat tidak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Agar mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia karena tidak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyenangi kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan situasi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " 3 Metode Meningkatkan Engagement dalam Team yang Efisen "
Posting Komentar