Kerja team yang bagus tentunya akan mengarah ke hasil yang efisien pula. Namun, bagaimanakah cara meraih kinerja yang optimal sebagai team? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tersebut. Tim yang kompak serta punya vision yang serupa pastinya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil optimal. Bagaimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan beri beberapa rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang sering kali disepelekan. Coba buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota tim. Gunakan semua jalur komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertatap muka langsung. Yakinkan semua anggota team dapat menyampaikan opininya sehingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan dan tanyakan bila ada kesulitan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tidak berarti semua mesti mampu menyampaikan opininya, tetapi ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” mengatakan kalau jumlah apreasiasi yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi tidak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim anda yang mempunyai kinerja bagus. Apresiasi kecil itu efeknya bisa menjadi sangat besar serta membuat anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar seimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang bagus dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu jika ada pencapaian tim yang membanggakan, tidak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangWirausahawan Martin Zwilling dalam artikelnya yang dimuat di
Forbes menyebut situasi area kerja mempunyai peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota tim tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan demi membuat anggota tim lebih senang, misalnya buat ritme kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa memiliki waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga untuk tak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Supaya mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia sebab tidak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan kondisi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " 3 Tips Meningkatkan Engagement dalam Tim yang Efektif "
Posting Komentar