Kerja team yang efektif tentunya akan mengarah ke hasil yang baik pula. Namun, bagaimanakah metode meraih kinerja yang maksimal sebagai tim? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tsb. Tim yang kompak dan punya vision yang sama pastinya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil maksimal. Bagaimana metodenya membangun
engagement dalam team?
Job2Go bakal kasih sejumlah rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciIni merupakan rahasia umum yang banyak kali diabaikan. Coba buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota team. Manfaatkan semua jalur komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Pastikan semua anggota team bisa menyampaikan pendapatnya hingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan dan tanyakan bila ada hambatan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tak berarti semua wajib mampu menyampaikan opininya, tetapi ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” mengatakan kalau jumlah penghargaan yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim anda yang mempunyai kinerja menonjol. Penghargaan kecil itu efeknya dapat jadi sangat besar serta membuat anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar berimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang bagus dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu bila ada pencapaian tim yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangWirausahawan Martin Zwilling dalam tulisannya yang dimuat di
Forbes menyebut situasi area kerja memiliki peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota tim tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang bisa dilakukan demi membuat anggota tim lebih senang, misalnya buat ritme kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat memiliki waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga untuk tidak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Supaya mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia sebab nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyenangi kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta suasana kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " 3 Metode Penting untuk Membangun Engagement dalam Team Kerja "
Posting Komentar