Kerja tim yang bagus tentunya akan mengarah ke hasil yang bagus pula. Akan tetapi, bagaimanakah cara meraih kinerja yang maksimal sebagai team? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tsb. Team yang kompak dan punya visi yang serupa tentunya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil optimal. Bagaimana metodenya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan kasih beberapa rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciIni merupakan rahasia umum yang sering kali disepelekan. Coba deh buka ruang komunikasi yang luas antar anggota tim. Manfaatkan semua medium komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau berhadapan muka langsung. Pastikan semua anggota tim bisa menyampaikan opininya hingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan dan tanyakan bila ada tantangan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tidak berarti semua harus bisa menyampaikan opininya, namun ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” mengatakan jika frekuensi apreasiasi yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kamu yang punya kinerja menonjol. Penghargaan kecil itu efeknya dapat menjadi sangat besar dan membuat anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar seimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang bagus dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu jika ada prestasi tim yang membanggakan, tidak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangPengusaha Martin Zwilling dalam tulisannya yang diterbitkan di
Forbes menyebut kondisi lingkungan kerja punya peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota tim tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan demi membuat anggota team lebih bahagia, contohnya buat ritme kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat memiliki waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga buat tak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Supaya mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia sebab tak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyenangi kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta kondisi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " 3 Tips Membangun Engagement dalam Tim yang Efektif "
Posting Komentar