Kerja tim yang bagus tentunya akan mengarah ke hasil yang efisien pula. Akan tetapi, bagaimanakah cara meraih kinerja yang optimal sebagai tim? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tsb. Tim yang kompak serta punya visi yang sama tentunya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil maksimal. Gimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go bakal kasih sejumlah rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciIni merupakan rahasia umum yang sering banget diabaikan. Coba deh buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota tim. Gunakan semua jalur komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Yakinkan semua anggota tim bisa menyampaikan pendapatnya hingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan serta tanyakan bila ada kesulitan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tidak berarti semua wajib mampu menyampaikan pendapatnya, tetapi ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” bilang kalau frekuensi penghargaan yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kamu yang mempunyai kinerja oke. Apresiasi kecil itu efeknya dapat jadi sangat besar dan bikin anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar berimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang bagus dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu bila ada pencapaian tim yang membanggakan, gak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim BerbahagiaEntrepreneur Martin Zwilling dalam artikelnya yang diterbitkan di
Forbes menyebut situasi lingkungan kerja mempunyai peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota team tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan demi membuat anggota tim lebih bahagia, contohnya buat irama kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat memiliki waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga buat tak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Supaya mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia sebab nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyenangi kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta situasi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " 3 Triks Meningkatkan Engagement dalam Team "
Posting Komentar