Judul : Berartinya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Pekerjaan
link : Berartinya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Pekerjaan
Berartinya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Pekerjaan

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar serta paling menempel pada manusia. Pernahkah anda membayangkan bagaimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semacam terpenjara. Hal itu wajar kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu tidak hanya tentang bicara loh. Prinsipnya komunikasi adalah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, dapat verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, serta tulisan) atau non-verbal (ekspresi serta gerak tubuh).
Ada beberapa hal utama yang melekat dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang ahli komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi ialah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, serta mengartikan pesan yang diperoleh dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang bisa mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya awal timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang mau kitakirim tidak diterima atau diartikan dengan baik, akhirnya jadi salah paham.
Komunikasi Efisien di Tempat Kerja
Di lokasi kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol masalah kerjaan dengan kolega kerja, curhat masalah pribadi dengan rekan di 1 divisi, hingga diskusi tentang pekerjaan dengan atasan. Kadang kala proses komunikasi ini tak selalu lancar. Selisih paham mungkin pernah terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang dapat berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan persoalan antara 2 pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efisien sangat dibutuhkan.
Pada dasarnya semua orang memiliki kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu telah naluriah dan alami sejak dilahirkan. Tetapi tak semua orang memiliki kemampuan buat berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efisien terjadi ketika pesan terkirim dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya anda mau mengajukan cuti ke atasan dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Saat berdialog dengan bos, kamu mesti menyampaikan dengan jelas maksud serta tujuan kamu mengajukan cuti supaya atasan kalian benar-benar paham dan akhirnya memberikan ijin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik buat menghindari kesalah pahaman yang nantinya bisa berujung pada komunikasi yang tidak baik.
Ada beberapa metode yang dapat anda lakukan buat menjadikan komunikasi kamu di lokasi kerja lebih efektif, di antarnya:
- Coba buat lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif diawali dari kemampuan dalam mendengar. Anda mesti dapat menghormati teman kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap pembicaraan dengan antusias dan saksama. Dengan begini kolega kerja dan atasan kalian juga akan menghargai kamu saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang mudah.
Inti dari komunikasi yang efektif ialah waktu pesan bisa tersampaikan dengan baik. Jadi, ketahuilah dengan siapa kalian berbicara serta sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting supaya komunikasi gampang dipahami serta akhirnya menjadi efektif.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Waktu kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah untuk memperhatikan gerak-gerik tubuh. Meski ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting untuk dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, serta sesekali memberi anggukan sebagai respon positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kalian sebagai tanda bahwa kalian antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Berartinya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Pekerjaan
Sekianlah artikel
Berartinya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Berartinya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/berartinya-membina-komunikasi-yang_2.html
0 Response to " Berartinya Membina Komunikasi Yang Efisien di Lokasi Pekerjaan "
Posting Komentar