Kerja tim yang baik tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Namun, bagaimanakah cara meraih performa yang optimal sebagai team? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tersebut. Team yang kompak serta punya visi yang sama tentunya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil maksimal. Bagaimana metodenya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan beri sejumlah rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang sering kali disepelekan. Coba deh buka ruang komunikasi yang luas antar anggota team. Manfaatkan semua jalur komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Yakinkan semua anggota tim dapat menyampaikan pendapatnya sehingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan dan tanyakan bila ada ancaman yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tak berarti semua mesti mampu menyampaikan pendapatnya, tetapi ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” mengatakan jika jumlah penghargaan yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi tidak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim kalian yang mempunyai performa menonjol. Apresiasi kecil itu efeknya bisa jadi sangat besar dan bikin anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar seimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang bagus dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu bila ada pencapaian tim yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangPengusaha Martin Zwilling dalam artikelnya yang diterbitkan di
Forbes menyebut kondisi lingkungan kerja punya peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota team tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan demi membuat anggota tim lebih bahagia, misalnya buat ritme kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat memiliki waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga buat tidak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Supaya mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia karena tidak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta suasana kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " Tiga Cara Membangun Keterikatan Psikologis dalam Team "
Posting Komentar