Kerja tim yang bagus tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Namun, bagaimanakah metode meraih performa yang maksimal sebagai team? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tsb. Team yang kompak dan punya vision yang serupa tentunya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil optimal. Gimana metodenya membangun
engagement dalam tim?
Job2Go bakal beri beberapa rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciIni merupakan rahasia umum yang banyak banget disepelekan. Coba buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota team. Gunakan semua medium komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertatap muka langsung. Pastikan semua anggota team dapat menyampaikan pendapatnya hingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan dan tanyakan apabila ada tantangan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tidak berarti semua mesti bisa menyampaikan opininya, tetapi ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” mengatakan kalau frekuensi apreasiasi yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kamu yang punya performa menonjol. Penghargaan kecil itu impactnya dapat menjadi sangat besar dan membuat anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya seimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang baik dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu bila ada pencapaian team yang membanggakan, tidak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota team.
Biarkan Anggota Tim BerbahagiaWirausahawan Martin Zwilling dalam artikelnya yang dimuat di
Forbes menyebut kondisi lingkungan kerja mempunyai peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota tim tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang dapat dilakukan demi membuat anggota tim lebih senang, misalnya buat irama kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat memiliki waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, penting juga untuk tak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Supaya mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia sebab nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta situasi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " Tiga Tips Membangun Engagement dalam Team "
Posting Komentar