Kerja team yang baik tentunya akan mengarah ke hasil yang efisien pula. Namun, bagaimanakah cara meraih performa yang optimal sebagai tim? Salah satu jawabannya adalah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tsb. Team yang kompak serta punya visi yang sama pastinya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil maksimal. Bagaimana metodenya membangun
engagement dalam tim?
Job2Go akan kasih beberapa rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciIni merupakan rahasia umum yang banyak kali disepelekan. Coba buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota tim. Gunakan semua jalur komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertatap muka langsung. Pastikan semua anggota team dapat menyampaikan pendapatnya hingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membikin mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan serta tanyakan apabila ada kesulitan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tidak berarti semua mesti bisa menyampaikan opininya, tetapi ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” mengatakan jika frekuensi apreasiasi yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim kamu yang punya performa bagus. Penghargaan kecil itu impactnya bisa jadi sangat besar dan bikin anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya berimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang baik dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu jika ada pencapaian tim yang membanggakan, tidak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangEntrepreneur Martin Zwilling dalam tulisannya yang dimuat di
Forbes menyebut situasi area kerja mempunyai peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota tim tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu senang adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan demi membuat anggota team lebih senang, misalnya buat irama kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa mempunyai waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga untuk tidak mengganggu anggota tim di luar waktu kerja. Agar mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih bahagia sebab tidak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Jika mereka menyenangi kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta kondisi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " Tiga Triks Membangun Engagement dalam Team "
Posting Komentar