Kerja tim yang baik tentunya akan mengarah ke hasil yang bagus pula. Akan tetapi, bagaimanakah cara meraih kinerja yang optimal sebagai tim? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tsb. Tim yang kompak dan punya visi yang serupa tentunya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil optimal. Gimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan kasih beberapa rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang sering banget disepelekan. Coba buka ruang komunikasi yang luas antar anggota tim. Gunakan semua jalur komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau bertatap muka langsung. Yakinkan semua anggota team bisa menyampaikan opininya sehingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan serta tanyakan bila ada tantangan yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tidak berarti semua harus bisa menyampaikan opininya, tetapi ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Karena tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan membuat anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” bilang jika frekuensi penghargaan yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi nggak ada salahnya lebih sering memuji anggota tim kalian yang mempunyai performa bagus. Apresiasi kecil itu efeknya dapat menjadi sangat besar serta membuat anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar seimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan metode yang bagus dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu bila ada pencapaian tim yang membanggakan, tidak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangEntrepreneur Martin Zwilling dalam tulisannya yang dimuat di
Forbes menyebut kondisi lingkungan kerja mempunyai peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota team tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan demi membuat anggota team lebih senang, contohnya buat irama kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa memiliki waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga untuk tidak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Supaya mereka bisa benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang sebab nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyukai situasi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta kondisi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " Tiga Tips Membangun Keterikatan Psikologis dalam Team yang Efektif "
Posting Komentar