Kerja team yang bagus tentunya akan mengarah ke hasil yang efektif pula. Namun, bagaimanakah metode meraih performa yang maksimal sebagai team? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tersebut. Team yang kompak dan punya vision yang serupa tentunya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil optimal. Bagaimana metodenya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan kasih sejumlah rahasianya.
Komunikasi Adalah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang sering banget disepelekan. Coba buka ruang komunikasi yang luas antar anggota team. Manfaatkan semua jalur komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Yakinkan semua anggota tim dapat menyampaikan opininya hingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan serta tanyakan apabila ada tantangan yang dihadapi anggota team. Komunikasi juga tidak berarti semua wajib bisa menyampaikan pendapatnya, namun ada yang lebih utama yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Sikap transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” bilang jika jumlah penghargaan yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim kamu yang memiliki kinerja menonjol. Apresiasi kecil itu dampaknya bisa menjadi sangat besar dan bikin anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya supaya seimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang baik dan berikan semangat buat proyek selanjutnya. Selain itu jika ada prestasi tim yang membanggakan, tak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota tim.
Biarkan Anggota Tim SenangWirausahawan Martin Zwilling dalam tulisannya yang dimuat di
Forbes menyebut situasi area kerja mempunyai peran dalam menentukan apakah pegawai atau anggota team tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan demi membuat anggota team lebih senang, misalnya buat ritme kerja yang tidak terlalu kaku alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tak perlu kerja lembur dan semua anggota tim dapat memiliki waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga buat tidak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Agar mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang karena tidak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyenangi situasi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta serta suasana kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " Tiga Triks Membangun Engagement dalam Tim yang Efisen "
Posting Komentar