Kerja team yang efektif tentunya akan mengarah ke hasil yang baik pula. Namun, bagaimanakah metode meraih kinerja yang optimal sebagai tim? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota tim tsb. Team yang kompak dan punya vision yang serupa pastinya akan lebih mudah bekerja dan mencapai hasil optimal. Gimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go akan kasih beberapa rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang sering kali diabaikan. Coba deh buka ruang komunikasi yang luas antar anggota team. Gunakan semua medium komunikasi baik via pesan teks, telepon, atau bertatap muka langsung. Yakinkan semua anggota team dapat menyampaikan pendapatnya hingga tak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tidak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Amati perkembangan pekerjaan serta tanyakan apabila ada ancaman yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tidak berarti semua harus bisa menyampaikan opininya, namun ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan percuma.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada penilaian. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam bukunya “The Best Place to Work” mengatakan jika jumlah penghargaan yang diberikan lebih penting daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim anda yang punya performa oke. Apresiasi kecil itu efeknya bisa jadi sangat besar dan bikin anggotamu mempunyai hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar berimbang, berikan juga evaluasi buat anggota yang kurang maksimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang bagus dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu bila ada pencapaian team yang membanggakan, gak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Misalnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota team.
Biarkan Anggota Tim SenangEntrepreneur Martin Zwilling dalam tulisannya yang diterbitkan di
Forbes menyebut kondisi lingkungan kerja memiliki peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota tim tersebut bahagia atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah satu tantangan tersendiri. Ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan demi membuat anggota team lebih bahagia, contohnya buat ritme kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efektif mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa memiliki waktu lebih banyak untuk kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga untuk tidak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Agar mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang karena nggak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan kondisi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Yuk mencoba!
0 Response to " Bagaimana Cara Tingkatkan Engagement dalam Team "
Posting Komentar