Judul : Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan
link : Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan
Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan

Komunikasi adalah hal yang sangat mendasar serta paling menempel dengan manusia. Sempatkah kamu berimajinasi bagaimana rasanya bertahan 1 hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semacam terpenjara. Perihal itu wajar kok, sebab memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu tidak hanya tentang bicara loh. Pada dasarnya komunikasi ialah proses pengiriman pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya banyak, bisa verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, serta tertulis) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).
Ada beberapa hal penting yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling penting dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang bisa mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya awal timbul persoalan. Seringkali pesan atau komunikasi yang mau kitakirim tidak diterima atau diartikan dengan benar, akhirnya jadi salah paham.
Komunikasi Efisien di Lingkungan Kerja
Di area kerja setiap hari kita bertemu serta berinteraksi dengan bermacam-macam orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan kolega kerja, curhat masalah pribadi dengan rekan di 1 bagian, hingga diskusi tentang pekerjaan dengan bos. Terkadang proses komunikasi ini tak selalu lancar. Selisih paham mungkin pernah terjadi saat proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang membuat seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya adalah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menyebabkan persoalan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efisien sangat dibutuhkan.
Pada dasarnya setia orang mempunyai kemampuan dasar buat berkomunikasi, itu sudah naluriah serta alami sejak dilahirkan. Tetapi tidak semua orang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efektif terjadi kala pesan terkirim dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya kalian ingin mengajukan cuti ke bos dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Waktu berdialog dengan bos, kalian mesti menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan kamu mengajukan cuti agar atasan anda benar-benar mengerti serta akhirnya memberikan ijin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik untuk menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tak.
Ada beberapa metode yang bisa kalian lakukan buat menjadikan komunikasi kalian di tempat kerja lebih efisien, di antarnya:
- Coba untuk lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif dimulai dari kemampuan dalam mendengar. Kalian mesti dapat menghormati teman kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap pembicaraan dengan antusias dan saksama. Dengan begini teman kerja serta bos anda juga akan menghargai kamu saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang mudah.
Inti dari komunikasi yang efektif ialah ketika pesan dapat tersampaikan dengan baik. Jadi, ketahuilah dengan siapa kamu berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting agar komunikasi mudah dipahami serta akhirnya menjadi efektif.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Waktu kita berdialog dengan rekan kerja berusahalah buat memperhatikan gerak-gerik tubuh. Meski ini hal yang terdengar sepele, tetapi penting untuk dilakukan. Misalnya dikala berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, serta sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kalian sebagai tanda bahwa kamu antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan
Sekianlah artikel
Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/berartinya-membina-komunikasi-efisien_41.html
0 Response to " Berartinya Membina Komunikasi Efisien di Lokasi Pekerjaan "
Posting Komentar