Kerja team yang bagus tentunya akan mengarah ke hasil yang bagus pula. Namun, bagaimanakah metode meraih kinerja yang optimal sebagai team? Salah satu jawabannya ialah: sejauh apa
engagement atau keterikatan psikologis para anggota team tsb. Team yang kompak serta punya visi yang sama tentunya akan lebih gampang bekerja dan mencapai hasil optimal. Gimana caranya membangun
engagement dalam team?
Job2Go bakal kasih beberapa rahasianya.
Komunikasi Ialah KunciHal ini merupakan rahasia umum yang sering banget disepelekan. Coba deh buka ruang komunikasi yang lebar antar anggota team. Manfaatkan semua medium komunikasi baik melalui pesan teks, telepon, atau bertemu muka langsung. Pastikan semua anggota team bisa menyampaikan opininya sehingga tidak ada
unek-unek atau ganjalan yang membuat mereka tak nyaman dan kehilangan keterikatan dengan timnya. Pantau perkembangan pekerjaan dan tanyakan apabila ada hambatan yang dihadapi anggota tim. Komunikasi juga tak berarti semua harus mampu menyampaikan opininya, tetapi ada yang lebih penting yaitu mendengarkan. Sebab tanpa didengar dengan baik, hal yang disampaikan tentu akan sia sia.
Pelihara Hubungan Timbal BalikDalam hal pekerjaan, tentu akan selalu ada tolak ukur. Prilaku transparan dalam mengukur hasil kerja akan menyebabkan anggota tim merasa keberadan dan kontribusinya diakui. Psikolog Ron Friedman dalam karyanya “The Best Place to Work” mengatakan jika jumlah apreasiasi yang diberikan lebih utama daripada besarnya. Jadi tak ada salahnya lebih banyak memuji anggota tim kalian yang punya kinerja bagus. Apresiasi kecil itu dampaknya bisa menjadi sangat besar serta bikin anggotamu punya hubungan yang lebih erat, lho! Oh ya agar berimbang, berikan juga evaluasi bagi anggota yang kurang optimal dalam bekerja. Berilah kritik yang membangun. Sampaikan dengan cara yang baik dan berikan semangat untuk proyek selanjutnya. Selain itu jika ada pencapaian tim yang membanggakan, gak ada salahnya juga {untuk kamu berikan penghargaan guna merayakan hasil kerja keras tim. Contohnya dengan mengajak mereka makan-makan atau pergi karaoke bersama. Ini juga akan semakin mempererat hubungan antara seluruh anggota team.
Biarkan Anggota Tim SenangEntrepreneur Martin Zwilling dalam artikelnya yang dimuat di
Forbes menyebut situasi lingkungan kerja punya peran dalam menentukan apakah karyawan atau anggota tim tersebut senang atau tidak. Menurutnya bagaimana membuat anggota tim selalu bahagia adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada hal-hal kecil yang bisa dilakukan demi membuat anggota tim lebih senang, misalnya buat irama kerja yang fleksibel alias serius tapi santai, ciptakan waktu kerja se-efisien mungkin jadi tidak perlu kerja lembur dan semua anggota tim bisa punya waktu lebih banyak buat kehidupan pribadinya. Oh iya, utamakan juga untuk tidak mengganggu anggota tim di luar jam kerja. Agar mereka dapat benar-benar menikmati waktu di luar kantor dan jadi lebih senang sebab tidak kepikiran urusan kerjaan terus menerus. Kalau mereka menyukai kondisi pekerjaannya, dijamin deh
engagement yang erat akan semakin tercipta dan situasi kerja pun jadi lebih enak dan produktif. Selamat mencoba!
0 Response to " 3 Metode Membangun Engagement dalam Team yang Efisen "
Posting Komentar