Judul : Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan
link : Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan
Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan

Komunikasi ialah hal yang sangat mendasar serta paling menempel dengan manusia. Pernahkah kamu membayangkan gimana rasanya bertahan satu hari tanpa komunikasi apapun? Pasti semisal terpenjara. Hal itu wajar kok, karena memang komunikasi itu kebutuhan dasar manusia.
Eits jangan salah, komunikasi itu tidak melulu tentang bicara loh. Pada dasarnya komunikasi adalah proses penyampaian pesan dalam bentuk apapun dari 1 pihak ke pihak lainnya. Bentuknya bermacam-macam, bisa verbal (misalnya melalui ucapan, kata-kata, serta tertulis) atau non-verbal (ekspresi dan gerak tubuh).
Ada beberapa hal utama yang menempel dari sebuah bentuk komunikasi. Menurut salah seorang pakar komunikasi Julia T. Wood, persepsi ialah hal yang paling utama dari sebuah komunikasi. Apa itu persepsi? Persepsi ialah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan pesan yang diterima dari sebuah komunikasi. Ada bermacam faktor yang dapat mempengaruhi persepsi seseorang. Nah di sinilah biasanya mulai timbul permasalahan. Seringkali pesan atau komunikasi yang ingin kita sampaikan tak diterima atau diartikan dengan benar, akhirnya jadi salah paham.
Komunikasi Efisien di Lingkungan Kerja
Di area kerja setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari ngobrol soal kerjaan dengan kolega kerja, curhat masalah pribadi dengan sahabat di satu bagian, sampai diskusi tentang pekerjaan dengan bos. Kadang kala proses komunikasi ini tak selalu lancar. Selisih paham mungkin pernah terjadi waktu proses komunikasi ini berlangsung.
Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang bisa berselisih paham. Salah satunya ialah kesalahan dalam komunikasi yang akhirnya menimbulkan permasalahan antara dua pihak atau lebih. Nah, di sini lah peran komunikasi efektif sangat diperlukan.
Pada dasarnya setia orang mempunyai kemampuan dasar untuk berkomunikasi, itu telah naluriah dan alami sejak kita dilahirkan. Namun tidak semua orang punya kemampuan buat berkomunikasi dengan efisien. Komunikasi yang efisien terjadi ketika pesan tersampaikan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi misalnya kalian mau mengajukan cuti ke bos dengan alasan acara keluarga yang penting di luar kota. Saat bicara dengan atasan, kalian harus menyampaikan dengan jelas maksud serta tujuan kalian mengajukan cuti agar bos anda benar-benar paham serta akhirnya memberikan ijin. Pesan itu wajib tersampaikan dengan baik buat menghindari kesalah pahaman yang nantinya akan berujung pada komunikasi yang tidak baik.
Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menjadikan komunikasi anda di tempat kerja lebih efektif, di antarnya:
- Coba untuk lebih banyak mendengar
Komunikasi yang efektif dimulai dari kemampuan waktu mendengar. Kalian wajib dapat menghargai kolega kerja dan bos di kantor dengan mendengarkan setiap obrolan dengan antusias dan saksama. Dengan begini kolega kerja dan bos kamu juga akan menghargai kamu saat kamu berbicara.
- Sampaikanlah pesan komunikasi dengan bahasa yang gampang.
Point dari komunikasi yang efektif adalah ketika pesan dapat tersampaikan dengan baik. Jadi, ketahuilah dengan siapa kamu berbicara dan sesuaikan gaya bahasa kamu dalam menyampaikan pesan. Hal ini penting agar komunikasi mudah dipahami dan akhirnya menjadi efisien.
- Perhatikan bahasa tubuh.
Dikala kita berbicara dengan rekan kerja berusahalah untuk memperhatikan gerak-gerik tubuh. Meski ini hal yang terdengar sepele, tetapi berarti untuk dilakukan. Misalnya saat berbicara tataplah mata lawan bicara, tersenyum simpul, dan sesekali memberi anggukan sebagai reaksi positif. Hal ini akan diterima oleh lawan bicara kamu sebagai tanda bahwa anda antusias dalam pembicaraan tersebut.
Demikianlah Artikel Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan
Sekianlah artikel
Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan
kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan dengan alamat link https://lowongankerjajob2go.blogspot.com/2020/03/komunikasi-efektif-di-area-pekerjaan.html
0 Response to " Komunikasi Efektif di Area Pekerjaan "
Posting Komentar